fbpx

4 Alat Olahraga Kekinian untuk Menjaga Kebugaran

Olahraga menggunakan alat lebih efektif dalam meningkatkan massa otot, sedangkan tanpa alat lebih efektif dalam meningkatkan mobilitas, stabilitas, dan ketahanan otot.

Dilansir dari alodokter.com , Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Bahkan dalam statistik pada tahun 2018, penduduk Indonesia yang rajin berolahraga hanya mencapai sekitar 35,7% atau satu per tiga dari keseluruhan masyarakat Indonesia.

Olahraga dapat dilakukan dengan menggunakan atau tidak menggunakan alat. Plank, Jogging, Yoga, dan Senam merupakan beberapa olahraga tanpa alat yang sering kita lakukan. Sedangkan, yang termasuk olahraga dengan alat diantaranya yaitu treadmill, tali skipping, dumbel, bola gym.

Sebenarnya, kedua jenis olahraga tersebut memiliki manfaat yang sama untuk meningkatkan fungsi otot. Dan keduanya juga sama-sama efektif namun dengan tujuan tertentu yang berbeda. Olahraga menggunakan alat lebih efektif dalam meningkatkan massa otot, sedangkan tanpa alat lebih efektif dalam meningkatkan mobilitas, stabilitas, dan ketahanan otot.

Membicarakan olahraga menggunakan alat, ada beberapa alat olahraga yang jarang diketahui namun unik dan memiliki banyak manfaat. Seperti berikut ini.

Jacobs Ladder

Jacobs Ladder adalah mesin latihan lengan dan kaki serbaguna dan juga mesin latihan kardio untuk seluruh tubuh. Tidak seperti mesin kardio lainnya, Jacobs Ladder menggunakan latihan berdampak rendah dan rentang gerak tinggi, tujuannya yaitu untuk memberikan latihan kardio yang efisien bagi tubuh bagian atas maupun bawah.

Uniknya, pemanjat treadmill satu ini tidak menggunakan motor, melainkan bergerak melalui langkah kaki. Semakin cepat melangkah, maka tangga juga akan bergerak cepat. Sudut yang ditampilkan Jacobs Ladder bersudut 40 derajat. Untuk mengontrol mesin, pemanjat tangga ini menyediakan sabuk kontrol yang harus dipasang ketika menggunakannya.     

Woodway Curve Treadmill

Mirip layaknya Jacobs Ladder, Woodway Curve Treadmill Trainer adalah treadmill tanpa listrik dan dapat digunakan untuk berjalan ataupun berlari. Jadi pengguna tidak terpaku pada kecepatan mesin, tetapi pada kecepatan tungkai kaki.

Mesin latihan treadmill ini menawarkan latihan dengan tujuan untuk menguatkan otot, memperbaiki latihan, dan memberikan keseimbangan yang baik. Para pemula akan merasa sedikit kesulitan dan tertantang pada awalnya karena memerlukan gerakan yang terkontrol penuh. Namun hasilnya akan memuaskan dan efisien walaupun digunakan dalam waktu latihan yang singkat.

IC7 Indoor Cycle

Bersepeda merupakan olahraga paling populer dan sering dilakukan oleh banyak orang. Cara penggunaannya pun mudah dan sederhana. Dan bahkan sekarang terlihat banyak komunitas sepeda yang berlalu Lalang di pinggir jalan atau di lintasan khusus sepeda hampir setiap harinya.

Namun, akibat pandemi dan lockdown, kini kita diharuskan untuk olahraga di rumah. Tidak terkecuali bersepeda. IC7 Indoor Cycle merupakan satu dari beberapa tipe ICG Bikes yang memiliki siklus dan program indoor berbasis pengalaman para olahragawan ketika bersepeda dalam ruangan di dalam studio dan di lantai kardio.

Pilates Reformer Table

Reformer Pilates hampir mirip tetapi berbeda dengan Pilates yang berbasis mat. Biasanya dilakukan menggunakan mesin reformer pilates dan umumnya lebih intens juga dinamis dibandingkan Pilates berbasis mat. Hal ini dikarenakan mesin Reformer Pilates menambah ketahanan pada latihan melalui penggunaan pegas.

Pilates yang satu ini dapat digunakan sebagai alat olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan oto, keseimbangan, koordinasi, dan stabilitas sendi. Bentuk Reformer Pilates sendiri adalah sebuah Kasur dengan pegas, kereta geser, tali, dan juga katrol.

Related Posts