fbpx

Mengenal Jenis-Jenis dan Tipe Apartemen

Bagi anda yang tinggal di tengah kota, sudah pasti familiar dengan kata Apartemen. 

Apa sih apartemen itu? Apartemen adalah sebuah jenis tempat tinggal yang berjumlah lebih dari satu unit dan berada dalam satu bangunan bertingkat vertikal. Apartemen juga dilengkapi beberapa fasilitas untuk para penghuninya, seperti kolam renang, pusat kebugaran, toko kecil, dan lain sebagainya.

Ternyata apartemen juga memiliki jenis yang berbeda-beda, loh. 

Beberapa jenis apartemen yang sering kita dengar diantaranya seperti Apartemen Studio, Apartemen Loft, dan Penthouse. Tetapi, tidak hanya itu saja. Masih banyak jenis apartemen lainya yang akan kita bahas, berikut penjelasannya.

1. Apartemen Studio

Apartemen Studio merupakan tipe apartemen yang paling umum dan populer di Indonesia. Ukurannya terbilang cukup kecil, dan hanya bisa dihuni oleh satu orang saja. Penghuni tipe apartemen yang satu ini biasanya adalah seorang mahasiswa atau karyawan yang sibuk beraktivitas diluar. 

Apartemen jenis ini hanya memiliki satu ruangan tanpa sekat dan mencakup tempat tidur, dapur, ruang kerja, kamar mandi, dan lemari. Ukuran rata-rata untuk satu unit Apartemen Studio yaitu tidak lebih dari 30 meter persegi.

Terdapat 2 jenis dari tipe apartemen ini, yaitu Apartemen Studio Alcove dan Apartemen Studio Convertible. 

2. Apartemen Loft

Sesuai namanya, Apartemen Loft atau yg disebut dengan apartemen berloteng adalah tipe apartemen yang memiliki lantai lagi di atasnya yang biasanya digunakan sebagai area  tidur. lantai atau bagian atas inilah yang merupakan loft-nya.

Dengan adanya bagian atas ini membuat ruangan menjadi lebih luas dan terbuka.

Beberapa ciri apartemen loft yaitu memiliki jendela yang besar dan jarak dari lantai hingga plafon cukup tinggi. Kedua ciri tersebut menghasilkan kelebihan-kelebihan dari jenis apartemen ini, diantaranya udara lebih segar dan tidak pengap, ramah lingkungan, dan cocok untuk para freelancer.

Cocok untuk freelancer, maksudnya? 

Seperti penjelasan sebelumnya, Apartemen Loft memiliki lantai atau bagian lagi di atasnya yang dapat difungsikan sebagai area kerja atau tempat duduk-duduk saja. Nah, dengan fungsi ini, freelancer dapat memanfaatkannya sebagai area kerja yang nyaman.

3. Apartemen Garden

Apartemen Garden merupakan apartemen yang terletak di lantai bawah atau basement. tipe apartemen ini tidak jauh berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya, tetapi hanya ditambah dengan sebuah pekarangan belakang privat yang menghadap pemandangan luar.

Tipe apartemen seperti ini sangat cocok bagi anda yang senang menanam tanaman.

Kelebihan dari tipe apartemen ini adalah memiliki lebih banyak udara bersih juga segar, pencahayaan yang lebih terang, dan ruang yang lebih luas.

4. Apartemen 2BR, 3BR

Apartemen 2 bedroom dan 3 bedroom adalah tipe apartemen yang kebanyakan dihuni oleh penghuni yang sudah berkeluarga. tipe satu ini memiliki banyak ruangan dan sekat yang menambah privasi.

Tipe apartemen ini sudah mencakup dua area tidur, dua kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang tamu yang terpisah.

Rata-rata luas untuk apartemen 2 bedroom yaitu 50 meter persegi, berbeda dengan apartemen 3 bedroom yang rata-rata luasnya lebih besar, yaitu bekisar 85 meter.

5. Penthouse

Penthouse merupakan hunian yang berada di paling atas sebuah apartemen. Jenis apartemen ini tidak bisa dihuni oleh sembarang orang, loh. Karena luas ruangan dan kemewahan fasilitas di penthouse ini memakan biaya yang sangat banyak. 

Penthouse menyediakan ruangan yang luas sehingga anda dapat mengaturnya sesuai keinginan anda. Lalu, hunian mahal ini juga menawarkan pemandangan langit serta kota yang indah melalui dinding-dinding kaca. 

Salah satu fasilitas yang cukup menggiurkan dari penthouse adalah lift pribadi yang dapat mengakses seluruh lantai.

Namun terdapat kelemahan yang harus anda perhatikan ketika menghuni di Penthouse, diantaranya yaitu satu unitnya mampu menghabiskan miliaran rupiah, harga perawatan yang mahal, dan sulitnya turun saat keadaan emergency.

6. Kondominium

Istilah yang berasal dari Italia ini ternyata tidak familiar di kalangan banyak orang, loh. Sebagian besar berfikir bahwa Apartemen dan Kondominium adalah hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Kondominium memang memiliki bentuk fisik yang sama dengan apartemen, namun perbedaannya terletak di hak kepemilikan unit.

Seperti yang kita ketahui, bahwa penghuni apartemen hanya memiliki hak untuk tinggal dan tidak menyewa atau bahkan menjualkannya kepada orang lain. Tetapi, Kondominium memiliki hak tersebut.

Hunian Kondominium memang ditujukan untuk dijual dan dimiliki oleh para penghuninya. Dengan tujuan ini mengartikan bahwa penghuni dapat secara bebas menyewa atau menjual unit miliknya kepada orang lain.

7. Apartemen Servis

Apartemen Servis atau yang dijuluki sebagai Aparthotel memiliki banyak kemiripan dengan Hotel, lebih jelasnya, Apartemen Servis adalah apartemen yang sudah dilengkapi fasilitas layaknya hotel. Seperti room service, ruang laundry, WiFi, dan lain sebagainya.

Namun tentu keduanya berlainan. Hal ini bisa anda lihat dari luas ukurannya yang berbeda. Apartemen Servis tidak hanya menyediakan satu ruangan seperti hotel, tetapi juga menyediakan ruangan lain seperti dapur, ruang keluarga, dan kemungkinan lebih dari satu area kamar.  

Penghuni Apartemen Servis biasanya adalah para traveler yang melakukan perjalanan bersama rombongan dalam jumlah banyak dan dengan jangka waktu yang tidak sebentar.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Scroll Up